Rabu, September 23Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Bersama Warga Jorong Lubuk Gadang, H. Erick Hariyona Dan Audy Joinaldy Buka Ikan Larangan

476 Views

Tampak H. Erick dan Audy sedang berbincang dengan masyatakat serta anggota DPRD Pasbar Dirwansyah dipinggir sungai batang lapu. (ist)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Ikan larangan pemuda Jorong Lubuk Gadang, Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat resmi dibuka hari ini, Rabu (12/8/2020), sejak pukul 10.00 – 13.00 Wib.

Turut hadir dalam pembukaan ikan larangan pemuda Lubuk Gadang ialah, Anggota DPD RI Dapil Sumbar Hj. Emma Yohanna, Anggota DPRD Pasaman Barat Dirwansyah, Bacalon Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dan Bacalon Bupati Pasaman Barat H. Erick Hariyona serta ratusan masyarakat setempat.

Menurut salah seorang pemuda setempat, Suhron, saat dikonfirmasi Kabar60.com mengatakan, masyarakat sangat antusias menanti kehadiran mereka. Karena, ini suatu penghargaan yang besar bagi kami, karena diacara ini, mereka menyempatkan diri hadir di pinggir sungai ini.

“Kita sangat berterima kasih kepada beliau-beliau itu, karena sudah menyempatkan hadir di acara pembukaan ikan latangan pemuda Lubuk Gadang,” ungkapnya.

Selain mengambil ikan secara geratis memggunakan tangguk, masyarakat juga diberikan hiburan berupa undian bagi yang dapat ikan berukuran besar akan diberikan hadiah.

“Kita mendo’akan, semoga H. Erick dan Audy Joinaldy mendapatkan amanah dari rakyat untuk memimpin Pasbar dan Sumbar,” harapnya.

Disamping itu dikatakan Bacalon Bupati Pasaman Barat H. Erick Hariyona yang menghadiri pembukaan ikan larangan tersebut memberikan apresiasi kepada masyarakat Lubuk Gadang. Ini merupakan tradisi turun temurun dan sangat banyak manfaatnya.

“Mari kita pertahankan tradisi ini, karena sangat banyak manfaatnya. Selain mengumpulkan dana untuk kegiatan sosial. Melalui sungai ikan larangan ini juga bisa meningkatkan hubungan silaturrahmi antara sesama masyarakat,” ujarnya.

Menurut H. Erick, sambil menangkap ikan ratusan warga bisa saling bersilaturrahmi. Sebab, selama ini warga disibukkan dengan kerja rutinitas masing-masing.

“Pada kegiatan inilah kita semuanya warga bisa bertemu, baik kaum laki-laki maupun perempuan. Laki-laki sibuk menangkap ikan, sementara perempuan berdiskusi di dekat sungai sambil mendirikan tenda dan ada juga memasak,” ujarnya.

Selanjutnya, diacara tersebut H. Emma Yohanna juga langsung menjemput aspirasi masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Hj. Emma Yohanna mendengarkan berbagai aspirasi masyarakat baik soal ekonomi dan sarana olahraga. Semua keluhan dan aspirasi masyarakat tersebut ditampung dan dicatat.

“Ya, semuanya kita dengarkan. Ada yang bisa kita jawab langsung dan ada juga yang kita janjikan. Dengan turun langsung ke lapangan kita lebih mengetahui apa yang menjadi aspirasi masyarakat, dan tidak hanya duduk di kantor dan belakang meja saja,” tegasnya.

Yang jelas, salah satu yang diusulkan masyarakat berupa kebutuhan alat berat untuk pematangan lapangan sepak bola. Yang mana, usulan itu akan kita pertimbangkan dan akan dibicarakan lagi secepat mungkin.

Sementara itu, Bacalon Wakil Gubernur Sumbar Audy Jounaldy mengatakan ini merupakan tradisi masyarakat secara turun temurun. Dan hal seperti ini harus terlaksana seterusnya.

“Semoga, kegiatan seperti ini terus terlaksana setiap tahunnya. Sekalipun kita diberikan amanah oleh warga Sumbar sebagai wakil gubernur terpilih nantinya, kita akan bersedia hadir dalam kegiatan seperti ini,” ujarnya. (Bisri Batubara).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: