Kamis, Oktober 17Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

BKSDA Resor Pasaman, Evakuasi Seekor Buaya Dari Simpang Gadang

575 Views

Poto – Tampak pihak BKSDA Resor Pasaman sedang mengevakuasi seekor buaya yang ditangkap warga Simpang Gadang. (bksda/Bisri Batubara)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Buaya yang sempat menghebohkan masyarakat Jorong Simpang Gadang, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat akhirnya dievakuasi pihak Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pasaman.

Buaya yang di evakuasi oleh BKSDA Resor Pasaman berupa Buaya Muara (Crocodylus porosus) yang panjangnya 1,5 Meter.

Menurut BKSDA Resor Pasaman, Ade Putra, menjelaskan bahwa buaya itu ditangkap warga, Selasa (9/7/2019) sekitar pukul 23.00 Wib, ketika berkeliaran dekat pemukiman masyarakat. Setelah ditangkap, lalu mengamankannya dengan cara diikat.

“BKSDA menduga, keberadaan satwa itu berada disekitar pemukiman warga, disebabkan oleh derasnya dan meningkatnya volume air sungai Batang Sontang yang tidak jauh dari pemukiman masyarakat,” terang Ade, kepada Kabar60.com, Rabu (10/7/2019).

Sekarang kata Ade, satwa tersebut sudah dievakuasi ke kantor BKSDA untuk diobservasi. Apabila kondisinya sehat dan normal, akan segera dilepas liarkan di lokasi perairan yang jauh dan aman terhadap interaksi dengan manusia.

“Kita masih memastikan kondisi kesehatan daripada buaya tersebut. Karena, dalam pelepasan ke alam liar kondisi buaya harus sehat dan normal,” tukasnya. (Bisri batubara)

Baca juga – https://www.kabar60.com/jauh-dari-sungai-warga-temukan-buaya-di-lokasi-sekolah-3962/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: