Kamis, Oktober 17Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Bunga Raflesia Tumbuh Mekar Di Jorong Sigantang

357 Views

Bunga Raflesia di Jorong Sigantang.

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Warga Jorong Sigantang, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat temukan Bunga Raflesia sedang mekar di kawasan Hutan Kemasyarakatn (HKM) wilayah tersebut.

Bunga Raflesia atau kerab disebut bunga bangkai ini ditemukan pertama kali oleh salah seorang warga sekitar HKM Jorong Sigantang, pada Kamis (12/9/2019) lalu. Penemuan oleh warga itu langsung memberitahukan kepada warga lainnya.

Ketua HKM Jorong Sigantang, Endra Saharman, kepada Kabar60.com, Senin (16/9/2019) mengatakan setelah mendapatkan informasi dari anggota, kita langsung tinjau kelapangan untuk memastikan Bunga tersebut.

“Kita labgsung cek kelokasi, ternyata benar ada Bunga Raflesia dikawasan HKM Jorong Sigantang,” ungkapnya.Ketua HKM Jorong Sigantang, Endra Saharman, bersama tim BKSDA Sumbar.

“Kita labgsung cek kelokasi, ternyata benar ada Bunga Raflesia dikawasan HKM Jorong Sigantang,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Bunga Raflesia ini tumbuh di wilayah Nagari Batahan ini sudah ke 8 kalinya sejak tahun 2014 lalu. “Biasanya, Bunga Raflesia ini mekar diawal dan diakhir tahun,” sebutnya.

Untuk memastikan Bunga Bangkai itu, pengurus HKM Jorong Sigantang secara bersama turun kelokasi dengan pihak BKSDA Provinsi Sumatera Barat kelokasi.

“Kita sudah turun bersama kelokasi, selain yang sedang mekar, juga ditemukan ada 2 putik atau benggol lagi yang akan mekar,” terangnya.

Sebagai upaya, kita melakukan pembersihan di wilayah sekitarnya demi melestatikan Bunga Raflesia Arnoldi tersebut. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: