Kamis, Oktober 17Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Bupati Pasbar, H. Yulianto Buka BBGM Di Kinali

60 Views

Tampak Bupati Pasbar H. Yulianto. SH. MM di acara BBGM Kinali. (dok-humas)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGM) tingkat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 digelar di Kecamatan Kinali, Jumat (11/10/2019).

Kegiatan BBGM ini, bertujuan untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam pengabdian membangun bangsa yang mandiri, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan partisipatif meliputi bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial, agama dan lingkungan.

Selanjutnya, meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan peran dan fungsi kelembagaan masyarakat seperti LPM, Karang Taruna, PKK dan lain-lain serta meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan yang telah ada.

“Melalui pencanangan ini, diminta kepada seluruh Kecamatan dan Nagari se Pasaman Barat untuk menghimbau masyarakat agar melaksanakan kegiatan gotong-royong selama satu bulan kedepan,” ungkap Bupati Pasbar, H. Yulianto, SH. MM di Kinali.

Para Camat dan Wali Nagari kata Yulianto, agar menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan gotong royong, bukan hanya mengimbau saja.

Selain pencanangan BBGM, Yulianto juga mencanangkan pengentasan kemiskinan berupa pembangunan jamban bagi masyarakat kurang mampu. Ini akan dikerjasamakan dengan Kodim 0305 Pasaman.

Dijelaskan Yulianto juga, bahwa di Tahun 2019 ini, ada 50 unit jamban bagi masyarakat kurang mampu yang dibangun. Ini program kerja sama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Pasaman Barat dengan pemerintan Nagari di Kecamatan Kinali dan Kecamatan Pasaman.

“Swlain jamban, program kerja sama itu juga dilakukan pemasangan 50 unit sambungan listrik dan bedah rumah untuk 10 Kepala Keluarga kurang mampu,” lebih jelasnya.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh unsur dan masyarakat agar membudayakan kembali gotong royong ditengah masyarakat. “Dari pelaksanaan gotong-royong nantinya, akan banyak mendapatkan hal-hal yang positif, salah satunya dengan munculnya kembali rasa kekompakan dan persaudaraan demi menjaga Kamtibmas diwilayah masing-masing,” ujarnya.

Selaku panitia, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Etris Dsem, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pasaman Barat yang sudah membuka kegiatan ini dengan sukses.

“Kami juga mengucapkan terima kepada semua pihak baik itu Camat Kinali, Wali Nagari Kinali, Danramil, Kapolsek Kinali serta Babinsa yang telah bekerja keras dalam mendukung pelaksanaan kegiatan,” sebutnya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: