Desa Ujung Gading Laksanakan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Desa Siaga

Desa Ujung Gading Laksanakan Pertemuan Peningkatan Kapasitas Desa Siaga

Labusel, kabar60.com- Dalam rangka peningkatan kapasitas desa siaga, desa Ujung Gading, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumut, melaksanakan pertemuan dalam rangka meningkatkan kapasitas desa siaga. Senin(12/03) siang.

Pertemuan ini dihadiri perwakilan dinas kesehatan Kabupatenabupaten Labuhanbatu Selatan, Kepala Puskesmas Langga Payung, Kepala desa Ujung Gading, Para Bidan Desa, Para Kader, dan Masyarakat setempat.

Pada dasarnya desa siaga bertujuan untuk terwujudnya masyarakat desa yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya. Seperti, Meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan, Meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong dirinya dibidang kesehatan, Meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap resiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan (bencana, wabah penyakit, kegawatdaruratan dsb), Meningkatnya dukungan dan peran aktif para stakeholders dalam mewujudkan kesehatan masyarakat desa, Meningkatnya masyarakat desa yang melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, Meningkatnya keluarga sadar gizi, Meningkatnya kesehatan lingkungan desa, dan Meningkatnya kemampuan dan kemauan masyarakat desa untuk menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan.

Dalam rangka memaksimalkan fungsi desa siaga,telah dilakukan peningkatan kapasitas terkait sumber daya desa siaga. Terkait kesiapan petugas telah dilatih bidan desa siaga sebagai tenaga pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, sedangkan terkait kesiapan masyarakat telah dilatih 2 kader dan 1 tokoh masyarakat, di seluruh desa untuk melakukan pemberdayaan masyarakat khususnya untuk pelaksanaan Survai Mawas Diri (SMD) dan musyawarah Masyarakat Desa (MMD).

KepalaDesa Ujung Gading Herman Harahap menuturkan, pertemuan ini sabagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kapasitas Desa Siaga, sehingga masyarakat mengerti betapa pentingnya desa siaga dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi.

“Dengan dilaksanakannya pertemuan PeningkatanKapasitas Desa Siaga di Desa Ujung Gading ini, somoga Masyarakat paham betapa pentingnya kita siaga dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi, baik itu bentuk kesehatan maupun kebencanaan” tutur Herman.

“Desa Ujung Gading termasuk desa yang rawan terhadap Bencana Alam dan Banjir, kita berharap dengan adanya pertemuan ini masyarakat lebih paham dan mengerti bahwa kita harus siap dan siaga menghadapi segala bentuk gangguan kesehatan, dan mengerti apa yang harus dilakukan” Tambah Herman lagi (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: