Kamis, Desember 12Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Diduga Ilegal, 4.3 M³ Kayu Diamakan Tim Gabungan Polres Pasbar Bersama KPHL

678 Views

Foto : Kasi PRPH UPTD KPHL Pasaman Raya, Yuhan. S. Hut bersama Kapolres Pasbar AKBP Iman Pribadi Santoso. S. Ik didampingi Waka Polres, Kasatreskrim dan Kanit Tipiter Polres Pasbar saat menghitung dan pengenalan jenis kayu yang diamankan. (Yuhan)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Tim gabungan Polres Pasaman Barat dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat melakukan penangkapan terhadap kayu yang diduga ilegal bersama pemiliknya, Jum’at (9/8/2019) sekitar pukul 21.00 Wib.

Penangkapan kayu yang diduga Ilegal atau tidak memiliki dokumen yang sah itu di Jorong Silawai, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Dikatakan Kepala KPHL Lasaman Raya Yandesman, S. Hut melalui Kasi Perencanaan dan pemanfaatan hutan UPTD KPHL Pasaman Raya, Yuhan. S. Hut, Kayu yang ditangkap itu diduga diambil dari Kawasan Hutan Produksi Tetap di Nagari Air Bangis.

“Sebagai pemilik kayu itu berinisial AD, diduga mengambil kayu dari kawasan Hutan Produksi Tetap di Nagari Air Bangis. Atas itulah dilakukan penangkapan dan sudah diamankan di Mapolres Pasbar,” sebut Yuhan.

Hari ini, kata Yuhan, Sabtu (10/8/2019) petugas KPHL Pasaman Raya Afrizal, SH melakukan penghitungan dan pengenalan jenis kayu di Mapolres Pasaman Barat. Bahwa itu berjenis Kayu Kapur dan Kayu Keruing (Kelas Meranti) yang banyaknya 4.3 M³.

“Setelah penghitungan dan pengenalan barulah dilakukan pemberkasan untuk berita acara keterangan ahli jenis dan ahli perizinan,” terang Yuhan.

Atas perbuatan inisial AD, dikenakan UU No 18 Tahun 2013 pasal 83 tentang Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H).

“Berdasarkan pasal 83 tersebut, pelaku terancam pidana paling singkat 1 Tahun dan paling lama 5 Tahun serta pidana denda paling sedikit Rp. 500.000.000,- dan paling banyak Rp. 2. 500.000.000,-,” tegas Yuhan.

Setelah dikonfirmasi Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso. S. Ik membenarkan adanya penangkapan kayu dan pemiliknya di Jorong Silawai, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

“Iya benar, sekarang Barang Bukti (BB) beserta pemiliknya sudah diamankan di Mapolres Pasaman Barat, guna pemeriksaan lebih lanjut,” jelas Kapolres. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: