Minggu, Agustus 18Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

DLH Pasbar Gelar Kegiatan Di Maligi, Ini Jenisnya

195 Views

Kadis LH. Andrinaldi sedang menyerahkan bibit ke pemuda Maligi. (fb)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Sebagai langkah pengenalan tata cara pemanfaatan sampah pelastik terhadap masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) adakan kegiatan bersih lingkungan pantai di kawasan Pantai Indah Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Sabtu (27/072019).

Tampak Kadis LH ikut menanam di pinggiran pantai Maligi. (fb)

“Bagaimana cara pengolahan sampah plastik dan sampah organik itu yang sedang disosialisasikan kepada masyarakat pesisir. Sehingga, diharapkan dengan sistem pengolahan sampah yang tertata tersebut dapat membuat lingkungan bersih dan asri khususnya di Pantai Indah Maligi, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pasbar, Andrinaldi. AP. M.Si.

Ia berharap, dengan adanya pemamfaatan sampah plastik dan orgnaik, membuat pantai bersih dan indah. Sehingga, Obyek Wisata Pantai Maligi ini menjadi tujuan wisata andalan baik lokal maupun wisatawan dari luar daerah hingga manca negara.

“Selain keindahan pantai maligi nantinya, disini juga sudah ada penangkaran penyu yang dipelopori oleh penggiat Pandah Art Green Surya. Apalagi, pantai ini sudah dikunjungi oleh mahasiswa dari negeri terkait penangkaran penyu itu,” jelas mantan Kasatpol PP itu.

Masyarakat setempat, Surya, pada kesempatan itu menyatakan bangga atas perhatian Pemerintah Daerah Pasaman Barat terhadap pantai Maligi. Semoga, kedepan pantai ini menjadi obyek wisata andalan Pasaman Barat untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dalam hal ini, kita juga akan terus lakukan promosi baik melalui media sosial seperti Facebook, Istagram dan Twitter serta melalui Media Cetak dan Media Online. Agar, semua tau bahwa Pantai Maligi ini sangat indah dan cocok sebagai kunjungan wisata keluarga,” ujar Surya.

Surya, sang pemenang lomba Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan dikirim ke tingkat nasional itu juga berharap agar Pemerintah Kabupaten, Provinsi Sumatera Barat agar mempromosikan wilayah ini dan penangkaran penyu ke Pemerintah Pusat, baik melalui ivent-ivent maupun cara lainnya.

“Kita sangat berharap, kawasan indah Pantai Maligi ini dikenal sampai ke Manca Negara. Tentu itu harus kerja keras kita semua baik masyarakat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Pusat,” pintanya.

Pantauan wartawan diwilayah Pantai Maligi, DLH Pasbar juga melakukan penanaman pohon cemara, sekaligus edukasi cara menanam pohon cemara laut serta cara pembibitan cemara laut.

Pada kesempatan yang digagas oleh Kepala Dinas LH Pasaman Barat itu juga turut hadir pencinta Off Road Pasaman Barat, Mahasiswa/i beberapa Universitas ternama di Kota Padang, secara kebetulan sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pasbar serta juga turut hadir perangkat nagari persiapan Maligi. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: