Selasa, April 7Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Excekutif Dan Legislatif Pasbar Diduga Abaikan Akses Jalan Ke Jorong Sikilang

310 Views

Potret penyeberangan menuju Jorong Sikilang. (ist)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Ditengah beredarnya informasi terkait Virus Corona (Covid – 19) secara nasional, diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat untuk tidak melupakan persoalan akses jalan menuju Jorong Sikilang yang terisolir.

Di Jorong Sikilang, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat terdapat ribuan jiwa. Sementara akses jalan menuju wilayah itu belum ada yang jelas.

Pasalnya, semua kases yang dilalui menuju Jorong Sikilang itu harus melewati Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan kelapa sawit, baik itu PT. Agrowiratama (Musi Mas Group) maupun PT. PHP (Wilmar Group).

“Apakah akan selamanya, masyarakat Jorong Sikilang, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat terisolir,” kata salah seorang tokoh muda setempat, Kasmanedi. SH, Minggu (15/3/2020).

Kami berharap, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) itu harus tegas. Agar, akses jalan jalan dan jembatan sebagai harapan utama masyarakat itu terkabul.

“Ada ribuan nyawa yang akan menjadi pertaruhan, jika Pemerintah Daerah menyia-nyiakan nasib mereka apabila ada bencana,” pungkasnya.

Sebagai harapan dan wacana, itu sudah menjadi guyonan masyarakat. Karena, sudah sering dilakukan survey pembangunan oleh Pemkab Pasbar. Tapi selalu mentok, beralaskan HGU PT. Agrowiratama.

Baca juga : http://CSR PT. Agrowiratama Dan PT. PHP Diminta Bangunkan Jalan Dan Jembatan Ke Jorong Sikilang https://www.kabar60.com/csr-pt-agrowiratama-dan-pt-php-diminta-bangunkan-jalan-dan-jembatan-ke-jorong-sikilang-7628/

“Pihak PT. Agrowiratama selalu beralasan bahwa, mereka takut kelapa sawitnya tidak aman. Karena, ada akses umum di HGU mereka,” terang Kasmanedi.

Tapi semua itu sebenarnya bisa saja diatasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda), asal ada keseriusan dan ketegasan. “Gak mungkin rasanya Executif dan Legislatif Pasaman Barat ini kalah, apabila serius mau mensejahterakan masyarakat Jorong Sikilang,” tandasnya.

Adanya statemen salah seorang anggota DPRD Pasaman Barat dari Komisi II, Nazwar. SH, kala itu sebenarnya sudah menjadi angin segar bagi masyarakat Jorong Sikilang. Karena, beliau itu meminta pihak PT. Agrowiratama dan PT. PHP membangunkan jalan dan jembatan melalui dana CSR perusahaan itu.

“Semoga, ketua Komisi II DPRD Pasbar itu serius dalam persoalan akses jalan dan jembatan ke Jorong Sikilang itu. Apalagi, ada ribuan masyarakat yang akan terselamatkan disana,” harap Kasmanedi.

Sekarang tinggal Pemerintah Daerah lagi atau Execkutif, apakah bersedia bekerja sama dengan Legislatif dalam menuntaskan persoalan akses jalan dan jembatan ini. “Semoga saja, kedua lembaga itu bekerja sama dan serius. Agar, akses jalan dan jembatan ini bisa dibangun, sehingga masyarakat Jorong Sikilang merasakan kemerdekaan itu,” tegas Kasmanedi. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: