Selasa, April 7Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Harga TBS Kelapa Sawit Masyarakat Terus Menurun, Pemkab Pasbar Diminta Cari Solusi

462 Views

poto istimewa

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Menjelang Bulan ramadhan Tahun 2020, harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit masyarakat mengalami penurunan setiap. Ini terjadi diseluruh wilayah Kabupaten Pasaman Barat.

Menurut salah seorang pekebun sawit, Arni (62) saat dikonfirmasi, Jum’at (13/3/2020) membenarkan adanya penurunan harga setiap panen. “Apa penyebabnya, kita gak tau,” katanya singkat.

Selain itu dikatakan pekebun asal Kecamatan Gunung Tuleh, Firman, bahwa adanya pabrik tanpa kebun diwilayah Gunung Tuleh ini tidak menjadi kesejahteraan masyarakat. Buktinya, harga terus turun walaupun sekarang masih diangka diatas Rp. 1000.

“Harapan kita dulunya, dengan berdirinya dua unit Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kecamatan Gunung Tuleh ini, bisa menjaga stabilitas harga dari PKS lainnya yang ada di Kabupaten Pasaman Barat,” pungkasnya.

Nyatanya, itu semua harapan belaka masyarakat. “Harga terus turun, bisa jadi di bulan ramadhan nanti harga TBS kelapa sawit bisa dibawah harga Rp. 1000,” tandasnya.

Kami meminta kepada Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Barat, agar mengkordinasikan persoalan harga ini ke PKS-PKS yang ada di Kabupaten Pasaman Barat ini.

“Apabila harga terus mengalami penurunan, masyarakat akan mengeluh. Pasalnya, dibulan ramadhan hingga hari raya idul fitri itu, kebutuhan sangat tinggi,” terangnya.

Semoga saja, keluhan masyarakat pekebun sawit ini dibaca oleh para pejabat di Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat. Dan bisa mencarikan solusinya.

“Pemerintah harus peduli nasib masyarakat ini, mengingat tidak lama lagi puasa dan hari raya,” pintanya.

Setelah dikonfirmasi salah seorang agen atau toke sawit yang tidak mau diswbutkan namanya mengatakan, harga turun ketingkat petani, diakibatkan oleh turunnya harga beli Pabrik Kelapa Sawit.

“Apabila harga di PKS turun, tentu kami juga terpaksa menurunkannya. Karena, kami pakai biaya operasional angkutan dan muat bongkar,” terangnya dengan singkat. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: