Kamis, Oktober 17Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Hari Ini, JCH Pasbar Bertolak Ke Padang Arafah

224 Views

MEKKAH, Kabar60.com – Jemaah calon haji Indonesia khususnya Kabupaten Pasaman Barat bertolak ke Padang Arafah, hari ini Jum’at (9/8/2019). Kemudian melaksanakan wukuf pada esok harinya.

Pelaksanaan wukuf (puncak haji) adalah kegiatan utama dalam ibadah haji, sehingga inti dari rukun kelima menunaikan ibadah haji adalah wukuf di Padang Arafah.

Berita sebelumnya : https://www.kabar60.com/cjh-kloter-2-pasbar-tahun-2019-tiba-di-madinah-3906/

Sedangkan, pelaksanaan wukuf dilaksanakan hanya pada satu hari (siang hari) pada tanggal 9 Dzulhijjah pada penanggalan Hijriyah.

Cara pelaksanaan ibadah wukuf ini adalah dengan berdiam diri (dan berdoa) di padang luas di sebelah timur luar kota Mekkah, Arab Saudi.

“Insya Allah Jamaah kita akan melaksanakan wukuf besok,” kata Kabag Kesra Setda Pasbar, Hendrizal. S. Ag, Jum’at (9/8/2019).

Baca juga : https://www.kabar60.com/jch-pasbar-menginap-di-fairuziah-hotel-madinah-3927/

JCH Pasaman Barat akan berangkat ke Arafah menggunakan bus yang telah disediakan. Mereka hanya membawa peralatan seperlunya, dengan menggunakan baju ihram yang terdiri atas dua helai kain tanpa jahitan (untuk laki-laki) dan baju yang menutup aurat (untuk perempuan) mereka mengucapkan talbiyah (sambutan atas panggilan Allah SWT), shalawat dan berdoa.

Setelah pelaksanaan Wukuf di Arafah, dilanjutkan perjalanan menuju Muzdalifah dengan menggunakan bus, disana nantinya jemaah akan bermalam sekaligus mengumpulkan batu kerikil untuk melontar jumrah di Jamarat Mina.

Jemaah haji yang menghendaki Nafar Awal atau meninggalkan Mina tanggal 12 Dzulhijah melontar jumrah dilakukan pada tanggal 11 dan 12 Dzulhijah.

Tetapi bagi yang menghendaki Nafar Tsani atau Nafar Akhir dimana meninggalkan Mina pada tanggal 13 Dzulhijah melontar jumrah dilakukan selama tiga hari pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah. Sehubungan jemaah haji Kab. Pasaman Barat adalah kloter awal (Kloter 02 PDG) maka semuanya melaksanakan Nafar Awal

“Nanti setelah melontor jumrah, jemaah haji melakukan Tawaf Ifadah di Masjidil Haram serta Sa’i, yaitu berlari kecil antara Bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali yang ditutup dengan Tahalul atau mencukur rambut,” jelas Hendrizal.

Baca juga : https://www.kabar60.com/hj-emma-yohanna-lepas-jch-kloter-xviii-4301/

Setelah dikonfirmasi Tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI) Pasaman Barat, dr. A. Talami, di Mekkah melalui pesan Whatsapp mengatakan sebanyak 423 JCH asal Pasaman Barat insyaallah dalam kondisi sehat.

“Sebelum berangkat ke Padang Arafah, seluruh CJH dilakukan visitasi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Dimana, para petugas kesehatan melakukan pemeriksaan ke setiap kamar CJH,” jelas A. Talami.

Baca juga : https://www.kabar60.com/besok-jemaah-haji-asal-pasbar-berangkat-menuju-madinah-3835/

Sebagai tambahan kata A. Talami, Kloter 02 Padang akan meninggalkan Mekkah al-Mukarramah pada hari Minggu, 18 Agustus 2019 menuju Jeddah sekitar pukul 03.00 Waktu Arab Saudi.

“Kloter 2 akan berangkat dari Jeddah menuju Tanah Air pukul 11.00 Waktu Arab Saudi nanti,” ungkap A. Talami melalui pesannya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: