Selasa, September 17Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Hj. Mufidah Jusuf Kalla Tiba Di Sumatera Barat

316 Views

Tampak Hj. Mufidah Jusuf Kalla disambut salam oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di BIM Sumatera Barat. (fbsnz)

SUMATERA BARAT, Kabar60.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj. Mufidah Jusuf Kalla bersama rombongan tiba di Bandara Internasional Minang Kabau (BIM) dalam rangka kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Barat, Senin (2/9/2019).

Kedatangan istri Wakil Presiden Republik Indonesia, ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla ke ranah minang ini disambut langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi istri selaku Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Hj. Nevi Irwan Prayitno serta Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit didampingi istri Ny. Wartawati Nasrul Abit.

Setiba di Bandara Internasional Minang Kabau (BIM) Hj. Mufidah Jusuf Kalla bersama rombongan langsung meluncur meninjau Industri Tenun di Kenagarian Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

“Kita langsung tinjau industri tenun yang ada di Kenagarian Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Tanah Datar. Bagaimana perkembangan dan bagaimana pemasaran mereka,” kata Hj. Mufidah Jusuf Kalla di Lintau Buo.

Dikatakan Hj. Mufidah Kalla, sekolah centra industri tenun yang dikunjungi tersebut merupakan sentra tenun terbesar di Indonesia. fisiknya dilengkapi faslitas gedung produksi, kantor UPTD, gedung celup dan menghani, serta pagar keliling dan landscape.

“Pembangunan ini dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total anggaran Rp19,2 miliar. Selain terbesar, bagunan ini juga dilengkapi Rusunawa sebanyak 35 kamar sekelas apartemen menggunakan dana Rp 8,9 miliar,” jelasnya.

Disampaikannya juga, sangat senang melihat perkembangan peserta didik di sentra tenun. Pasalnya, baru beberapa hari belajar, anak didik di sekolah tenun itu telah bisa menghasilkan karya seperti songket.

“Sentra tenun ini didirikan agar semua orang  bisa diterima sebagai murid. Supaya dia pintar, pandai mencari nafkah sendiri dengan hasil karyanya,” sebut Mufidah Jusuf Kalla.

Selain itu juga, Hj. Mufidah Jusuf Kalla menyampaikan terkait pemasaran kedepan, bahwa kita siap membantu sepenuhnya demi kesejahteraan para pengrajin tenun.

“Kalau tidak mampu memasarkan, kirim ke kita. Agar, kita pasarkan hasil kerajinan tenun Lintau Buo ini. Yang terpenting, para pengrajin tenun bisa sejahtera,” tandas Hj. Mufidah Jusuf Kalla dengan wajah ceria.

Kunjungan kerja (Kungker) Hj. Mufida Jusuf Kalla itu didampingi oleh Ketua Dekranasda Sumbar Ny.Nevi Irwan Prayitno, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri Darma, Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma, mantan Bupati Tanah Datar Masradi Martunus, Kadis Koperindag Tanah Datar Drs. Marwan dan sejumlah pejabat lainnya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: