Rabu, September 23Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

IWAPI Sumbar Berkunjung Ke UMKM Gula Tebu Puncak Lawang

234 Views

Tampak Hj. Emma Yohanna (Kanan) sedang berada di UMKM Gula Tebu Puncak Lawang. (ist)

AGAM, Kabar60.com – Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Hj. Emma Yohanna bersama rombongan kunjungi salah satu Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) di Puncak Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis (9/7/2020).

Kedatangan IWAPI untuk melihat langsung kondisi dan berbaur langsung dengan saudara saudari pelaku UMKM seperti pembuatan gula tebu di wilayah Puncak Lawang itu.

Ketua IWAPI Sumbar, Hj. Emma Yohanna, kepada Kabar60.com mengatakan bahwa, kunjungan langsung merupakan hal penting dalam memahami seluk beluk dalam perkembangan UMKM.

Meskipun banyak repeferensi tentang UMKM ini, baik dari buku atau pun media pembelajaran lainnnya, berbaur langsung bersama mereka menjadi sesuatu hal yang berbeda. Karena, biasanya faktor psikologis menjadi daya tarik baik itu ungkapan ataupun mimik wajah senang, gembira, dongkol, ataupun harapan yang muncul akan terlihat alami.

Dalam situasi ini, tentunya banyak sekali informasi dan aspirasi mengenai keadaan real UMKM dan ekspektasi untuk mambantu mencari jalan keluar dari permasalahan utama yang di hadapi oleh UMKM.

Adapun keluhan dari pelaku UMKM adalah kekurangan bahan baku, yang mana, bahan baku yang ada diwilayah itu harus dibagi-bagi sama pelaku usaha.

Terkait produksi kata Hj. Emma, mereka bisa produksi 75 Kg/Hari, namun bisa produksi hanya 2 kali dalam seminggu.

Kami juga sudah menyarankan, agar pelaku UMKM mengurus perizinan seperti PIRT supaya bisa mendapatkan bantuan dan bisa meningkatkan hasil produksinya.

“Untuk produksi satu UMKM hari ini kami beli semua. Semoga, kedepan apa yang kami sarankan bisa dilaksanakan oleh UMKM yang ada di Puncak Lawang,” harapnya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: