Rabu, September 23Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Kapolres Pasbar Buka Ikan Larangan Pemuda Jorong Katimaha

493 Views

Tampak Kapolres Pasbar AKBP Fery Herlambang. S. Ik melihatkan ikan hasil tangkapan saat buka ikan larangan pemuda Jorong Katimaha, Pasbar. (ist)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Pemuda Jorong Katimaha, Nagari Lingkung Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat buka ikan larangan, Minggu (5/1/2020).

Ikan larangan itu langsung dibuka oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP. Fery Herlambang. S. Ik yang disaksikan oleh oleh Kepala Jorong Katimaha, Tokoh Pemuda dan pecandu ikan larangan yang ada di wilayah Kabupaten Pasaman Barat.

Dikatakan Kapolres Pasaman Barat, AKBP. Fery Herlambang. S. Ik melalui Kasubag Humas Polres Pasbar IPTU Defrizal. SH bahwa, manusia tidak pernah dipisahkan dari alam. Adanya lubuk larangan baik disadari atau tidak disadari, merupakan wujud kearifan budaya yang bertujuan untuk melestarikan alam serta menjaga kelangsungan makhluk hidup di dalamnya.

“Secara ekologi dan kearifan budaya, lubuk larangan mencegah kerusakan lingkungan sungai, menjaga alam agar tidak terjadi pencemaran lingkungan lubuk larangan. Mengurangi kerusakan sungai, sehingga kerusakan lingkungan dan air serta ekosistem air beserta ikan-ikan yang ada di lubuk larangan juga akan terus terjaga,” ujar Kapolres.

Dijelaskan Kapolres juga, Lubuk larangan bisa menumbuhkan semangat kekeluargaan, kekuatan gotong-royong yang menciptakan kekompakan masyarakat, menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan, dan bergerak pada pelestarian sungai dan hutan di sekelilingnya.

“Budaya ini menjadi bukti nyata bahwa jika manusia benar-benar menjaga alam, maka alam menjadi sahabat terbaik bagi manusia. Saya sangat berharap budaya ini akan terus didukung oleh berbagai pihak, sehingga dapat terjaga sampai ke generasi mendatang,” tandasnya.

Untuk itu, mari terus dibudayakan hal seperti ini. Disinilah peran pemuda dalam meningkatkan organisasi lebih baik kedepan. “Jaga kekompakan, agar semua persoalan bisa teratasi,” pesannya.

Pada kesempatan itu, Kapolres berbaur dengan masyarakat ke sungai untuk mengambil ikan. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: