Jumat, Desember 4Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Kapolsek Dan Camat Lembah Melintang Serta TNI Lalukan Monitoring Ditiga Sungai

620 Views

Tampak Forkopimca Lembah Melintang sedang monitoring di Lubuk King. (ist)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Dalam rangka Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) di Pasaman Barat, Forum Komunikasi Pimpinan Kecmatan (Forkopimca) Lembah Melintang dan Sungai Aur lakukan monitoring.

Salah satu yang dilakukan monitoring berupa tradisi balimau menjelang bulan ramadhan oleh masyarakat di dua kecamatan yaitu Kecamatan Lembah Melintang dan Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat.

“Iya, kita secara bersama-sama melakukan monitoring ke wilayah sungai yang biasa dikunjungi oleh masyarakat untuk mandi balimau,” kata Kapolsek Lembah Melintang, IPTU. Alfian Nurman. SH kepada Kabar60.com, Kamis (23/4/2020).

Acara monitoring itu jelas Kapolsek, dilakukan pada sore sekitar pukul 16 30 Wib ditiga lokasi, meliputi :

  • Pemandian Lubuk King Sungai Batang Sikerbau di Jorong Lubuk Alai, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.
  • Pemandian Tombang Jarung Sungai Batang Bayang di Jorong Situak, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang.
  • Pemandian Sampuran Botung Sungai Batang Batang Maligi di Jorong Serasah Betung, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur.

Pada kesempatan monitoring bersama oleh Kapolsek Lembah Melintang IPTU. Alfian Nurman. SH bersama anggota, Camat Lembah Melintag Drs. Afwan. MM bersama jajarannya dan TNI dari Koramil Ujung Gading.

Dijelaskan Kapolsek, giat tradisi balimau ini merupakan giat kearifan lokal warga Ujung Gading dan Sungai Aur. Guna, membersihkan jiwa raga mengahadapi bulan suci ramadhan.

“Saat kita tinjau, tradisi balimau yang sering dilakukan masyarakat itu hasilnya sama dengan tidak ada. Adapun langsung kita bubarkan,” terang Kapolsek.

Kita sangat bersyukur ucap Kapolsek, karena tingginya kesadaran masyarakat dalam mengikuti himbauan pemerintah disaat wabah Covid-19 ini.

“Kita menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas paratisipasinya mematuhi himbauan pemerintah. Semoga, bencana Covid-19 yang melanda ini cepat berlalu,” ujarnya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: