Jumat, Desember 13Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

KPU Serahkan Dokumen Penetapan Calon Terpilih Ke Pemkab Pasbar

332 Views

Terlihat sedang penyerahan berkas dokumen tersebut dari KPU kepada Pemkab Pasbar melalui Sekda. (fb/Bisri Batubara)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) serahkan dokumen berita acara penetapan calon DPRD terpilih tahun 2019 kepada Bupati melalui Sekda Senin, (29/7/2019).

Penyerahan hasil pleno penetapan calon anggota DPRD terpilih dan hasil pelaksanaan pemilu 2019, diserahkan langsung oleh ketua KPU Kabupaten Pasaman Barat beserta komisioner lainnya. Diterima langsung oleh Sekda Pasaman Barat, Yudesri. S. IP. M. Si yang disaksikan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Pasbar dan Kepala Kesbangpol Pasbar.

Baca juga : https://www.kabar60.com/ini-dia-nama-nama-anggota-dprd-pasbar-periode-2019-2024-4286/

“Ini sebagai tindak lanjut dari penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat terpilih, pada 22 Juli 2019 lalu,” kata Ketua KPU Pasaman Barat, Al Haris.

Ia mengatakan, penyerahan hasil pleno penetapan, sesuai dengan PKPU No.5 Tahun 2019, khususnya pasal 31 ayat 5 yang menyatakan bahwa, KPU menyampaikan calon terpilih kepada Gubernur, melalui Bupati.

“Hari ini semua berkasnya sudah kita sampaikan agar nanti bisa di tindak lanjuti, mengingat waktu untuk Akhir Masa Jabatan (AMJ) anggota dewan periode 2014-2019 Pasaman Barat, akan berakhir pada bulan September 2019 nanti,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya berharap bisa segera diproses, agar tidak terjadi kekosongan anggota legislatif saat jabatan anggota DPRD Pasbar periode 2014 – 2019 berakhir nantinya.

Baca juga : https://www.kabar60.com/65-persen-anggota-dprd-pasbar-wajah-baru-ini-daftarnya-4319/

Sementara terkait pelantikan, kata Al Haris, merupakan wewenang dari Gubernur, selaku wakil dari pemerintah pusat sesuai dengan surat edaran Kemendagri Nomor 161.

“Itu wewenangnya Gubernur,” singkat Al Haris mengakhiri.

Disamping itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pasaman Barat, Yudesri. S. IP. M. Si mengucapkan terima kasih kepada KPU Pasaman Barat yang sudah mensukseskan Pemilu 2019 lalu dengan lancar dan damai tanpa ada gugatan.

“Kita mengapresiasi KPU Pasaman Barat yang sudah mensukseskan Pemilu 2019 aman, damai dan tanpa ada gugatan. Kita akan segera tindak lanjuti ke Gubermur secepatnya,” sebut Yudesri. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: