Rabu, September 23Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Mau Wisata, Ini Tempatnya Di Pasaman Barat

588 Views

Pantai Sikabau di sore hari (poto istimewa)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Berbicara mengenai Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), memang tidak akan pernah ada habisnya.

Kabupaten yang terbentuk pada tahun 2004 silam itu, memang memiliki kekayaan alam yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Mulai dari sektor industri kelapa sawit, kelautan dan perikanan, budaya, sejarah, keaneka ragaman flora dan fauna, hingga sektor pariwisata, ada semua disini.Pantai Sikabau (poto istimewa)

Namun kali ini kita akan membahas mengenai sektor pariwisata. Daerah berjuluk Tuah Basamo ini, memiliki sederet destinasi wisata yang layak untuk dikembangkan dan dipromosikan.

Mulai dari hutan, gunung, bukit, sungai, air terjun, pantai, pulau, sejarah, budaya sampai dengan kulinernya, menjadikan daerah yang satu ini pantas untuk dicanangkan sebagai destinasi wisata Nasional, bahkan Internasional.Pantai Sikabau (poto istimewa)

Apalagi letak geografis Kabupaten Pasaman Barat yang sangat strategis, yang mana daerah ini dilapisi
katulistiwa yang berdiri antara 00.03’Lintang Utara sampai 00.11’Lintang Selatan dan antara 99 010 ‘- 100 0 04 ‘Bujur Timur dengan luas wilayah sekitar 3.887,77 Km2
atau 9,29% dari luas wilayah Provinsi Sumatera Barat dan
memiliki luas lautan seluas 800,47 Km2
dengan lebar pantai 152 km.

Kabupaten Pasaman Barat memiliki batas wilayah :

  • Bagian Utara : Kabupaten Mandailing Natal, Propinsi Sumatera
    Utara.
  • Bagian Timur : Kabupaten Pasaman
  • Bagian Selatan : Kabupaten Agam.
  • Bagian Barat : Samudera Indonesia.

Dengan geografis tersebut, pemangku daerah ini sudah seharusnya melirik sektor Pariwisata, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Pasaman Barat kedepannya khususnya masyarakat setempat.Pantai Sikabau (lokasi muara)

Pantai Sikabau, yang terletak di Jorong Sikabau, Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, mungkin bisa menjadi salah satu destinasi wisata masa depan Kabupaten Pasaman Barat, untuk digarap semaksimal mungkin sebagai tujuan wisata.

“Apabila ini digarap dengan serius oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat bersama masyarakat setempat, diyakini akan lebih bagus dan pengunjung bertambah ramai. Secara otomatis, perekonomian masyarakat setemat akan lebih meningkat,” ungkap salah seorang pengunjung yang berasal dari Kabupaten Mandahiling Natal, Santi, kepada Kabar60.com melalui telepon genggamnya.

Dijelaskannya juga, wisata pantai memang banyak, tapi Pantai Sikabau ini sangat bersih dan indah. Anak-anak senang bermain, baik di Pantai maupun di muara yang terletak di hamparan pasir putih yang bersih itu.Pantai Sikabau (poto istimewa)

“Kita sudah dua kali berkunjung ke Pantai Sikabau ini, tidak membosankan. Malahan, anak-anak selalu memgajak ke Pantai ini apabila libur sekolah. Semoga kedepan, saat liburan lagi kesini, sudah ada permainan yang mengasyikkan bagi anak-anak,” harapnya.

Ditambakan wisatawan asal Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Marni, juga mengatakan hal yang sama. Pasalnya Pantai yang masih perawan itu, memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona. Hamparan pasir putih, ditambah dengan pepohonan cemara dan kelapa yang tumbuh subur disekitarnya, membuat pantai ini tampak sangat indah dan asri. Para pengunjung Pantai Sikabau sedang asyik bermain di pantai. (poto istimewa)

Belum lagi dengan keberadaan perbukitan diseberang muara dan karang-karang yang memgasyikkan untuk dilihat. Sehingga, membuat pantai tersebut mampu memanjakan mata bagi para pengunjungnya.

Sungguh anugerah yang tiada tara diberikan oleh sang pencipta semesta alam, bagi Kabupaten Pasaman Barat khususnya kepada masyarakat Jorong Sikabau.

“Yang mengasyikkan lagi adalah, para pengunjung bisa menaiki sepeda motor dan mobil diatas pasir putih di sepanjang pantai. Sehingga, membuat pengunjung malas akan pulang, karena mengasyikkan,” pujinya.Pantai Sikabau nan indah (poto istimewa)

Disamping itu dikatakan Pj Wali Nagari Persiapan Ranah Koto Tinggi, Harianto. SKM bahwa, selain menikmati keindahan pantai dan perbukitan disekitarnya, pengunjung juga bisa melihat Sun Set disore hari. Langit akan tampak merah, sambil menunggu waktu malam tiba.

“Melihat keindahan pantai Sikabau itu, tentu harus sampai sore di pinggir pantai. Kalau tidak berkunjung ke Pantai Sikabau, pasti merasa rugi,” cetusnya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: