Selasa, September 17Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Menjelang Pilkada 2020, 9 Nama Bakal Calon Bupati Dan Wakil Bupati Pasbar Megapung

1.738 Views

Ket poto mulai dari kiri atas ke kanan – H. Yulianto. SH. MM, H. Agus Susanto. SH. MH, H. Hamsuardi. S. Ag, H. Elvin Ramli. SE, Lili Syukri. S. Pi, H. Amora Lubis. S. Sos, H. Daliyus K. S. Si dan Alamsyah serta Ahdiarsyah. ST. MT. (Bisri Batubara)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Tidak terasa, lebih kurang satu tahun lagi, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak tahun 2020 bakal digelar di Provinsi Sumatera Barat, salah satunya di Kabupaten Pasaman Barat.

Berbagai namapun mulai bermunculan, baik dari kalangan tokoh politik, pengusaha maupun birokrat. Dari semua nama-nama yang bermunculan itu, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kabupaten Pasaman Barat.

Adapun nama-nama yang mulai muncul tersebut ialah :

  • H. Yulianto, SH, MM sekarang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Pasaman Barat yang sebentar lagi akan dilantik sebagai Bupati Pasaman Barat periode 2016 – 2021 menggantikan Almarhum H. Syahiran yang meninggal dunia pada 4 Agustus 2019 lalu.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto, SH, MM juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat periode 2004 – 2009 dan sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat periode 2009- 2014.

  • H. Agus Susanto, SH, MH sekarang masih menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2014 – 2019 Dapil Sumbar II. Sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2009 – 2014 dan sebagai Angota DPRD Kabupaten Pasaman Barat periode 2004 – 2009.

Di periode 2019 – 2024 kembali mencalon sebagai Anggota DPR RI dari dapil Sumbar II, namun tidak berhasil.

  • H. Hamsuardi, S. Ag seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pernah menjabat sebagai Kadispora Pasaman Barat ditahun periode 2005 – 2010.

H. Hamsuardi, S. Ag juga sudah tidak asing lagi bagi pencinta olah raga Voly Ball, baik di Kabupaten Pasaman Barat maupun di Kabupaten Pasaman. Karena, beliau pernah terkenal dengan kelihaiannya dalam bermain Voly Ball hingga terkenal di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Dia juga sudah pernah maju sebagai Calon Bupati Pasaman Barat periode 2016 – 2021 dan pernah mencalon sebagai Anggota DPR RI dari Partai PKS periode 2019 – 2024 Dapil Sumbar II, namun belum pernah berhasil.

  • Elvin Ramli. SE yang dikenal sebagai politisi dari Partai Gerindra dan seorang pengusaha di Jakarta.

Elvin Ramli itu juga pernah maju sebagai Calon Anggota DPR RI periode 2014 – 2019 Dapil Sumbar II dan Calon Anggota DPR RI periode 2019 – 2024 Dapil Jakarta, namun belum berhasil meraih kursi di DPR RI.

  • Lili Syukri, S. Pi pernah duduk 2 periode sebagai anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat periode 2004 – 2009 dan periode 2009 – 2014 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pada periode 2014 – 2019 Lili Sukry kembali mencalon sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari PKS namun tidak berhasil. Diperiode 2019 – 2024 kembali mencalon sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat dari Partai Bulan Bintang (PBB) tidak juga berhasil.

  • H. Amora Lubis, S. Sos juga sangat berpengalaman dilegislatif, karena beliau sudah pernah duduk di DPRD Kabupaten Datar serta pernah 2 periode sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2004 – 2009 dan 2014 – 2019 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dari keenam nama tersebut, semuanya mempunyai rekam jejak masing-masing.

“Kita bangga dengan para tokoh tersebut, karena semuanya bertujuan sama yaitu ingin memajukan Pasaman Barat dan mensejahterakan masyarakat Pasaman Barat,” ungkap KAHMI Pasaman Barat, Jekrimen. SE, kepada Kabar60.com, Sabtu (7/9/2019).

Melihat gelombang politik saat ini di Kabupaten Kabupaten Pasaman Barat saat ini, beberapa tokoh politik sudah mulai menebar pesonanya untuk menarik perhatian Partai Politik dan ada juga yang menyiapkan diri maju dari jalur independen.

“Semua tokoh itu terus melakukan trik politik, baik melalui jalur Partai Politik (Patpol) maupun melalui jalur independen. Namun, semuanya bertujuan untuk menjadi orang nomor satu di Kabupaten Pasaman Barat ini,” sebit Jekrimen.

Selain nama-nama diatas, juga ada nama-nama lain yang bermunculan seperti H. Daliyus K, S. Si, yang menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat selama 4 periode atau sejak Kabupaten Pasaman Barat mekar dari Kabupaten Pasaman tahun 2004 lalu.

Daliyus K menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat periode 2004 – 2009 dan 2009 – 2014. Sedangkan 2014 – 2019 Daliyus K menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat dan 2019 – 2024 menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat.

Selain sebagai Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat, Daliyus K juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pasaman Barat.

Seterusnya juga mengapung nama seperti Alamsyah yang menjabat sebagai Ketua Partai Hanura Kabupaten Pasaman Barat. Yang mana, Alamsyah itu juga pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat periode 2014 – 2019 dan maju kembali sebagai calon anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019 – 2024, namun belum berhasil.

Alamsyah ini juga dikenal dengan sosok yang ramah dan peduli serta loyal terhadap kemajuan Kabupaten Pasaman Barat.

Belakangan ini juga muncul nama Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Pasaman Barat, Ahdiarsyah. ST. MT, yang siap dipinang sebagai Calon Wakil Bupati Pasaman Barat periode 2021 – 2026.

Adapun rekam jejak Ahdiarsyah, dikenal sebagai tokoh muda yang sukses dalam organisasi karang taruna di Nagari Air Bangis. Dia juga dikenal ramah dan loyal dalam segi pembangunan di Kabupaten Pasaman Barat ini.

“Ahdiarsyah pernah menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pasaman Barat dan juga sebagai ketua Unit Layanan Penagadaan (ULP) Setda Pasaman Barat,” terang Jekrimen.

Dari semua nama itu, tinggal mencari pasangan masing-masing. Karena, diperkirakan pada Pilkada Kabupaten Pasaman Barat nanti akan ada sekitar 3 pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat.

“Prediksi kita, yang akan mengikuti kontes Pilkada nantinya hanya ada 3 pasang,” tandas Jekrimen.

Dari informasi yang diberedar kata Jekrimen, tahapan Pilkada bakal dimulai dari bulan November 2019 ini. Semoga, semuanya berjalan lancar dan bersaing sehat demi Kabupaten Pasaman Barat kita tercinta ini.

“Pilkada damai dan sukses adalah harapan kita semua, siapaun yang terpilih nantinya semoga amanah dan peduli masyarakat serta kemajuan Pasaman Barat kedepan,” harap Jekrimen.

Dari seluruh nama itu, diperkirakan masih mencari pasangan masing-masing. “Bisa saja mencalon dan bisa juga tidak jadi mencalon. Tapi yang jelas nama-nama itu sudah mengapung baik di media sosial maupun media online dan cetak. Sehingga, sudah menjadi perbincangan ditengah masyarakat dan para tokoh di Kabupaten Pasaman Barat ini. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: