Kamis, Oktober 17Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

MPC Pemuda Pancasila Pasbar Bakal Menggelar LCC Empat Pilar Kebangsaan

162 Views

Sekretaris MPC PP Pasbar, Iwan Suhandri.

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Pasaman Barat, bakal menggelar lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Kebangsaan. Guna, memperkuat pengetahuan dan pemahaman tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Iya, kita akan menggelar lomba Cerdas Cermat untuk tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi se Kabupaten Pasaman Barat,” kata Sekretaris MPC PP Pasbar, Iwan Suhandri, kepada Kabar60.com, Jum’at (11/10/2019).

Dijelaskannya, kegiatan ini sekaligus dalam rangkat memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2019 nanti. “Selaku Ormas Pemuda Pancasila, kita akan melaksanakan kegiatan berupa Lomba Cerdas Cermat pada tanggal 23 – 24 Oktober 2019 nanti,” sebutnya.

Iwan Suhandri menyampaikan, kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kebangsaan ini merupakan salah satu metode yang sangat efektif bagi generasi muda, khususnya kalangan pelajar untuk mensosialisasikan empat pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Dengan kegiatan ini, semoga dapat memacu motivasi siswa untuk mendalami nilai-nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mengimplementasikan nilai-nilai luhur tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka,” pungkasnya.

Dimulai dari hal-hal kecil, lanjut Iwan, seperti menjaga kerukunan dikalangan teman, saling tolong-menolong, menghargai perbedaan pendapat diantara sesama, itulah salah satu esensi tujuan kegiatan lomba cerdas cermat empat pilar ini.

“Diharapkan, dari Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar kebangsaan ini, akan melahirkan generasi-generasi muda yang paham dan melaksanakan nilai-nilai luhur bangsanya. Serta memperkuat ikatan kebangsaan generasi muda di Indonesia,” ujar Iwan juga.

Ditambahkan Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Wirma Yuhendra, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memahami tata nilai filsafat pancasila. Sehingga, menjiwai perilaku generasi muda warga negara.

“Mendorong generasi muda dalam memahami, menganalisis dan menjawab persoalan bangsa serta konsisten terhadap cita-cita bangsa yang digariskan dalam UUD 1945,” ujarnya juga.

Untuk itulah pentingnya dibuat perlombaan Empat Pilar Kebangsaan ini. Pada perlombaan itu, selain memahami UUD 1945, peserta juga akan memperebutkan hadiah, mulai dari tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Setiap tingkat akan diberikan hadiah apabila merebut juara 1,2,3 serta 4 dan 5 sebagai juara harapan dengan total hadiah keseluruhan sebesar Rp. 21 Juta.

“Mari kita do’akan, agar kegiatan Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan ini terlaksana dengan waktu yang ditentukan. Kepada sekolah agar mendaftar ke panitia pelaksana dari Tanggal 14 – 22 Oktober 2019,” himbaunya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: