Selasa, Mei 26Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Mulai Besok, Sekolah Di Pasbar Diliburkan

430 Views

Poto istimewa

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Kegiatan belajar mengajar dari PAUD hingga SMP di Kabupaten Pasaman Barat, Privinsi Sumatera Barat diliburkan selama dua pekan. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) kepada para murid di sekolah-sekolah.

Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto. SH. MM melalui Sekretaris Daerah Yudesri. S. IP. M. Si kepada Kabar60.com, Kamis (19/3/2020) menjelaskan, kegiatan belajar mengajar efektif libur mulai tanggal 20 Maret hingga 2 April 2020. Kebijakan ini diputuskan Kamis (19/3/2020) sesuai Surat Intruksi Bupati Pasaman Barat Nomor : 420/134/DISDIKBUD/2020.

“Iya, instruksi dari Bupati Pasaman Barat bahwa mulai besok sampai tanggal 2 April 2020 mulai dari jenjang PAUD sampai SMP anak-anak belajar di rumah,” kata Yudesri.

Kalaupun ada yang pergi ke sekolah, Yidesri berkata, hanya sebatas berkoordinasi secara teknis termasuk membagikan tugas-tugas kepada siswa selama libur. Langkah ini diambil, guna memastikan agar selama belajar di rumah saja, tetap dengan pengawasan orang tua dan tidak bepergian ke luar rumah.

“Pastikan ini bukan libur biasa. Karena ini sifatnya upaya pencegahan atau istilah kekiniannya lockdown tetapi ini hanya pada tingkat anak didik kita, agar anak kita terlindung dari penyebaran suspect COVID-19,” ucap Yudesri.

Tujuannya, agar anak-anak terkonsentrasi di rumah dan diawasi oleh orang tua. Yudesri berujar, kendati diliburkan, aktivitas pembelajaran tetap dilakukan walau di rumah saja dengan menggunakan sistem daring jarak jauh.

Apakah ada kemungkinan waktu libur akan ditambah? Yudesri katakan, akan menyesuaikan dari arahan Pemerintah Pusat saja. Terutama perkembangan selama 14 hari ke depan sesuai masa inkubasi dari virus ini.

“Mudah-mudahan ini adalah upaya dari Pemkab Pasaman Barat untuk memberikan rasa aman kepada orang tua. Karena, kami banyak sekali mendapatkan aspirasi dari orang tua, wali siswa dan wali santri untuk segera meliburkan,” pungkasnya.

Yudesri juga berpesan sesuai dengan instruksi Bupati Pasaman Barat agar para orang selalu mendampingi anak-anak. Jangan biarkan mereka keluar tanpa pengawasan.

“Kepada masyarakat juga agar tidak melakukan kumpul-kumpul dengan jumlah bayak. Ini demi kesehatan kita semua, sesuai anjuran pemerintah pusat,” tegasnya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: