Kamis, Desember 12Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Pasca Rusuh, Perekonomian Masyarakat Di Wamena Mulai Pulih

245 Views

Tampak kondisi masyarakat di salah satu pasar di Wamena. (istimewa)

PAPUA, Kabar60.com – Pasca rusuh yang terjadi di Wamena, Provinsi Papua pekan lalu, kini sudah mulai pulih. Buktinya, Aktivitas ekonomi warga mulai menggeliat dibeberapa lokasi dan pasar.

“Iya, kondisi Wamena sudah mulai membaik, pasar yang menjadi pusat kegiatan masyarakat di Jalan Irian, Wamena sudah ramai pedagang yang menjajakan aneka kebutuhan pokok,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw di Wamena, Papua kepada wartawan, Kamis (3/10/2019).

Selain di pasar kata Kapolda, juga tengah kota terutama di Jalan Trikora sudah ramai dilalui kenderaan, baik pegawai pemerintah maupun maupun swasta.

“Walaupun sudah dikatakan mulai pulih, namun aparat keamanan akan terus menjaga situasi, sekaligus terus mengembangkan penyidikan untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku kerusuhan,” jelas Kapolda.

Kemarin kata Kapolda, sudah menahan tujuh tersangka, dan kita akan terus mengejar pelaku lainnya demi sama-sama menegakkan hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Kita akan terus berupaya semaksimal mungkin, untuk menjaga keamanan masyarakat di Wilayah Hukum Polda Papua ini,” sebut Kapolda.

Dikesempatan itu juga, Kapolda menjelaskan bahwa, meski masih ada pengungsi yang bertahan di sejumlah tempat, baik di Mapolres Jayawijaya dan fasilitas milik TNI di Wamena. Namun, sudah terlihat mulai menggeliatnya kegiatan sehari-hari. “Itu menandakan, bahwa Wamena berangsur normal,” ujar Kapolda.

Kapolda berharap, agar pemulihan ekonomi dan sosial Wamena bisa berjalan dengan cepat. Karena, sebelum terjadi kerusuhan masyarakat di kota tersebut juga tengah berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam tiga tahun terakhir terus meningkat.

Termasuk perdagangan bahan kebutuhan pokok yang memberikan kontribusi kedua terbesar yaitu 16,5 persen bagi perekonomian Wamena, setelah sektor transportasi dan pergudangan yang menyumbang 18,7 persen.

“Berdasarkan data BPS (Biro Pusat Statistik 2018), selama 2013-2017, total nilai tambah yang dihasilkan oleh aktivitas sektor-sektor ekonomi yang berada di wilayah Kabupaten Jayawijaya, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan, secara konsisten mengalami peningkatan,” urainya. (Tim Liputan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: