Rabu, Oktober 20Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Pembangunan Akses Jalan Sigantang – Roburan Harus Jadi Perioritas

568 Views

Tampak Najjar Lubis bersama Plh Bupati Pasbar, Yudesri, serta dengan instansi terkait dan masyarakat sedang berada di lokasi. (ist)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Guna kelancaran hubungan antar sesama masyarakat, pemerintah provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pasaman Barat diminta bangun akses jalan penghubung antar Kabupaten.

Akses jalan tersebut, menghubungkan Jorong Sigantang, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat dengan Roburan, Kecamatan, Kabupaten Mandahiling Natal, Provinsi Sumatera utara.

Menurut Tokoh masyarakat sekitar itu, Najjar Lubis, kepada Kabar60.com mengatakan bahwa, akses jalan itu sangat penting untuk menjalin silaturrahmi dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Pasalnya, dengan adanya akses jalan itu nanti, secara otomatis masyarakat yang mau ke Sumatera Utara dan sebaliknya akan lebih memilih jalan ini. Karena, lebih dekat dibandingkan dengan akses jalan nasional menuju ibukota Kabupaten Mandahiling Natal (Madina).

“Apabila jadi perlintasan, tentunya perekonomian masyarakat bisa meningkat dan hubungan silaturrahmi akan lebih dekat ke kabupaten tetangga. Apalagi, jaraknya ke jalan nasional Jembatan Merah, Panyabungan lebih kurang 32 KM saja,” pungkas Najjar, Jum’at (19/2/2021).

Sebagai upaya kata Najjar, sudah menyurati dan mengundang Pemkab Pasbar dan Pemprov Sumbar ke Lokasi, dan sudah disaksikan oleh Kepala Daerah Pasbar yang diwakili oleh Sekda Pasbar Yudesri. S. IP. M. Si dan dari Provinsi.

“Kita sudah sama-sama turun kelapangan melihat lokasi. Semoga, Pemprov Sumbar dan Pemkab Pasbar bahu-membahu dalam menurunkan anggaran untuk pembukaan dan peningkatan akses jalan tersebut, demi perekonomian masyarakat kedepan,” harapnya.

Sambungnya, dengan akses jalan itu nantinya, masyarakat Kabupaten Madina akan lebih memilih ke Bandara Internasional Minang Kabau (BIM), karena sangat dekat, dibandingka ke Kualanamu, Sumatera Utara.

Selain itu kata Najjar, akses jalan itu juga sebagai penunjang untuk lebih dekat ke Dermaga Teluk Tapang.

“Hanya 6 Jam dari Panyabungan ke BIM dan hanya 3 jam ke pelabuhan Teluk Tapang,” tukasnya.

Dusamping itu, Plh Bupati Pasaman Barat, Yudesri, saat dikonfirmasi terkait perencanaan pembangunan akses jalan yang menghubungkan Sigantang dengan Roburan, sudah dipaparkan kepada Kemenko Kemaritiman.

“Selain akses tersebut, kita juga memaparkan pembangunan jalan Pelabuhan Teluk Tapang – Tenggo sampai ke PTPN 4 Batu Sondet,” ungkapnya.

Semoga, apa yang diharapkan ini bisa tercapai, demi kesejahteraan masyarakat. “Mari kita do’akan dan saling merangkul, agar apa yang kita wujudkan untuk kemajuan Pasbar kedepan tercapai,” ajaknya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: