Kamis, Oktober 17Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Pemkab Pasbar Apresiasi Giat Sosialisasi Karhutla PT. Agrowiratama

400 Views

Foto Bersama di lapangan dalam kegiatan sosialisasi pencegahan dan pelatihan kebakaran lahan dan hutan kepada tim balakar nagari sekitar perusahaan. (hms)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Demi menjaga dan melestarikan lingkungan hidup dari bahaya kebakaran, PT. Agrowiratama menggelar giat sosialisasi Kebakatan Hutan dan Lahan (Karhutla), Kamis (11/7/2019) dimulai sejak pukul 10.00 Wib sampai selesai.

PT. Agrowiratama, perusahaan perkebunan yang beroperasi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat ini tetap konsisten memberikan penyuluhan Karhutla di sekitar wilayah kerja.

Foto Bersama didepan aula perusahaan PT. Agrowiratama antara pihak management dengan para peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi pencegahan dan Pelatihan Kebakaran Lahan dan Hutan yang diadakan oleh PT. Agrowiratama. (Hms)

Terbaru, kegiatan Karhutla itu digelar di aula serbaguna PT. Agrowiratama, Jorong Air Haji, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Turut hadir pada kesempatan itu, pimpinan beserta staf dan karyawan PT. Agrowiratama, Kepala Dinas Perkebunan Pasbar Ir. Edrizal, Kepala Dinas Lungkungan Hidup Pasbar Andrinaldi. AP. M. Si, Kepala BPBD Pasbar Tri Waluyo, Kasat Pol PP Pasbar mewakili Kabidnya Afrizal, Muspika Kecamatan Sungai Aur, Wali Nagari Sungai Aur Erwin Lubis, Kepala Jorong Air Haji dan Tokoh Masyarakat Sungai Aur serta Para undangan dan tamu lainnya.

Latihan Pemadaman Kebakaran oleh Tim Balakar Nagari Sekitar perusahaan dan Tim Damkar Kab. Pasaman Barat di Lapangan dalam kegiatan sosialisasi pencegahan dan elatihan Kebakaran Lahan dan Hutan. (Hms)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Andrinaldi. AP. M. Si, mengatakan kegiatan sosialisasi yang dilakukan PT Agrowiratama ini dinilai sangat membantu dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla bagi masyarakat sekitar perusahaan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Agrowiratama, sebagai salah satu perusahaan yang sangat konsisten dalam beberapa tahun terakhir melakukan sosialisasi. Dengan rutinnya kegiatan seperti ini, masyarakat akan semakin mengerti dan mereka tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar,” jelas dia.

Dikatakannya juga, kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PT. Agrowiratama ini. Semoga, ini menjadi perhatian bagi perusahaan lain di Pasaman Barat.

“Kami mengapresiasi PT. Agrowiratama yang telah memberikan reward kepada masyarakat sekitar perusahaan agar tetap menjaga daerah mereka untuk tidak membakar lahan dengan cara membakar,” sebutnya.

Ia juga berharap, agar hal serupa ini bisa dilaksanakan oleh perusahaan lain yang ada di Kabupaten Pasaman Barat ini.

“Kegiatan seperti ini sangat berkaitan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019. Kerena, sesuai temanya tentang polusi udara. Apalagi, sama kita ketahui cuara sekarang tidak menentu, terkadang sudah kemarau tentu sangat rawan sengan kebakaran,” lebih jelasnya.

Selanjutnya dikatakan Wali Nagari Sungai Aua, Erwin Lubis, mengatakan hal sama dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat. Yang mana kata Erwin, kegiatan seperti ini sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini kegiatan yang sangat luar biasa, karena selain menambah pengetahuan, juga sebagai langkah dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran pada lahan perkebunan baik perusahaan maupun masyarakat,” tandasnya.

Kata sambutan oleh Tri Wahluyo (Ka. BPBD Kab. Pasaman Barat) dalam kegiatan sosialisasi pencegahan dan Pelatihan Kebakaran Lahan dan Hutan kepada tim balakar nagari sekitar perusahaan. (Hms)

Dalam hal ini, Erwin Lubis, mengajak masyarakat berkerja sama dan berperan aktif memberi kontribusi yang positif dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan, kebun dan hutan serta menyampaikan secara akurat ketika terjadinya bencana kebakaran.

“Mari kita berkoordinasi demi pencegahan Karhutla diwilayah kita ini,” hinbaunya.

Disamping itu, Pemuda masyarakat Sikilang, Zul Aman, mengatakan ucapan terima kasih kepada PT. Agrowiratama atas reward yang diberikan kepada masyarakat Jorong Sikilang, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar.

“PT. Agrowiratama menyerahkan berupa alat Pemedam Kebakaran (Damkar) beserta penguat sinyalnya, ini sangat dibutuhkan masyarakat. Atas hal itu, sangat diapresiasi usaha dan upaya perusahaan dalam kegiatan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla),” tukasnya.

Pemaparan materi yang dibawakan oleh Iptu Alfian (Kapolsek Lembah Melintang) dalam sosialisasi pencegahan dan Pelatihan Kebakaran Lahan dan Hutan kepada tim balakar nagari sekitar perusahaan kepada tim balakar nagari sekitar perusahaan. (Hms)

Manager Humas PT. Agrowiratama, Susanto Fitriadi, mengatakan perusahaan berkomitmen melakukan kegiatan upaya pencegahan karhutla melalui sosialisasi. Upaya lain adalah memberikan reward dalam bentuk barang bagi jorong sekitar perusahaan.

“Atas nama perusahaan PT. Agrowiratama mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Muspika Sungai Aur berserta masyarakat sekitar perusahaan atas kehadirannya dalam acara sosialisasi Karhutla,” ucap Susanto.

Pada kesempatan itu, PT. Agrowiratama juga memberikan reward kepada masyarakat Jorong Sikilang. (hms/Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: