Rabu, September 23Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

PT. Agrowiratama Raih Proper Hijau Tingkat Nasional

498 Views

Tampak Humas PT. Agrowiratama, Santoso (paling kanan) poto bersama dengan penerima proper hijau dari group Musim Mas di Istana Wakil Presiden RI. (ist)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Setelah melalui beberapa penilaian dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, akhirnya PT. Agrowiratama yang berada di Air Haji, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih Proper Hijau.

Penghargaan Program Peningkatan Kinerja Perusahaan (Proper) kategori Hijau untuk PT. Agrowiratama itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya, Rabu (8/1/2020) di Istana Wakil Presiden RI di Jakarta.

“Apresiasi yang diberikan oleh Kementerian LHK, dalam hal penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan di semua lini kegiatan perusahaan, akan memotivasi kami untuk terus melaksanakan tanggung jawab pengelolaan lingkungan hidup berkelanjutan,” kata Humas PT. Agrowiratama, Santoso, kepada Kabar60.com, Kamis (9/1/2020).

Penghargaan Proper, yang juga dikenal sebagai Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, merupakan sebuah program penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan bisnis di Indonesia.

“Proper mencakup semua sektor industri diantaranya minyak dan gas, manufaktur, makanan dan minuman, dan sawit,” jelasnya.

Karena, dalam penilaian itu kata Santoso, ada sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi dan gas rumah kaca, efisiensi air, penurunan dan pemanfaatan limbah B3, 3R limbah padat non B3, keanekaragaman hayati dan pengembangan masyarakat.

“Semua yang dinilai itu, benar-benar diterapkan secara berkelanjutan. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang sudah mendukung sampai tercapainya penghargaan Profer ini,” imbuhnya.

Atas penghargaan itu kata Santoso, suatu kebanggaan dan keseriusan bagi perusahaan dalam beroperasi, dengan tetap mengedepankan kelestarian lingkungan, ternyata diapresiasi oleh pemerintah pusat. Kami berkomitmen untuk terus berusaha menjadi perusahaan yang ramah lingkungan.

Dikatakan Santoso juga, penghargaan Proper merupakan bentuk apresiasi pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terhadap perusahaan yang dalam operasionalnya memperhatikan kelestarian lingkungan, sesuai dengan kriteria penilaian dan yang sudah ditentukan.Wapres RI, Ma’ruf Amin dan Mentri LHK RI, Siti Nurbaya poto bersama dengn seluruh perwakilan penerima penghargaan proper di Istana Wakil Presiden RI di Jakarta.

“Penghargaan Proper ditetapkan untuk lima peringkat, yaitu peringkat Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam,” terang Santoso.

Adapun Jumlah perusahaan yang dinilai untuk periode 2018-2019 sebanyak 2.045 perusahaan. Hasilnya, perusahaan peraih penghargaan Proper Emas sebanyak 26 perusahaan, Proper Hijau sebanyak 174 perusahaan dan Proper Biru sebanyak 1.507 perusahaan.

“Dari 174 penghargaan Proper Hijau itu, salah satunya PT. Agrowiratama Air Haji, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya.

Sebagai program rutin setiap tahunnya kata Santoso juga ialah, melalukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan kepada seluruh karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan.

“Ini program rutin, yang melibatkan karyawan dan masyatakat sekitar serta Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. Sesuai dengan temanya Masyarakat Bebas Api,” pungkas Santoso. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: