Sabtu, April 4Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Ratusan warga Taming Batahan Diungsikan Ke Mesjid Al Jihat

759 Views

Tampak tim TRC dan Tim SAR mengevakuasi warga yang terkena banjir. (bpbd pasbar)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Warga Jorong Taming Batahan, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat terpaksa mengungsi. Pasalnya, pemukiman mereka dihantam banjir sejak, Jum’at (14/2/2020).

“Iya benar, masyarakat harus mengungsi. Karena, tinggi banjir dipemukiman masyarakat itu lebih kurang 1.5 Meter,” kata Kepala BPBD Pasbar Drs. Edi Busti, kepada Kabar60.com.

Dijelaskan Edi Busti juga, rumah yang terendam banjir itu banyaknya lebih kurang 236 rumah. “Semua warga sudah menggungsi ke mesjid Al Jihat, yang dibantu oleh Tim TRC PB dan Tim SAR Pasbar,” ujar Edi Busti.

Awalnya kata Edi Busti, banjir ini menghantam pemukiman masyarakat, setelah terjadinya hujan lebat selama lebih kurang 6 jam.

“Hujan sejak pukul 14.00 Wib – 20.00 Wib itulah yang menyebabkan meluapnya sungai Batang Taming, sehingga air naik sampai 1.5 Meter dipemukiman masyarakat,” lebih jelasnya.

Selain pemukiman, juga terendam satu unit Sekolah Dasar (SD) Negeri 12 Ranah Batahan. “Yang memiriskan lagi, jalan yang ada diwilayah itu terkikis sedikit, akibat derasnya arus banjir yang menghantam wilayah itu,” pungkas Edi.

Banjir diwilayah ini kata Edi Busti, bukan yang pertama kali, namun sudah pernah juga terjadi pada 25 Januari dan 7 Februari 2020 ini.

“Banjir diwilayah ini sudah sering, sehingga jalan yang ada diwilayah itu selalu dihantam oleh derasnya arus banjir, mengakibatkan jalan terkikis,” imbuhnya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: