Kamis, Oktober 17Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Rela Antri, Demi Celupkan Kaki Ke Darah

1.083 Views

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Diduga memiliki khasiat, puluhan anak-anak rendamkan kaki ke darah bekas penyembelihan hewan kurban. Ini dilakukan mereka setiap penyembelihan hewan kurban Hari Raya Idul Adha.

“Iya, setiap ada kurban di Hari Raya Idul Adha, kami selalu lalukan ini. Rasanya senang aja dikaki,” kata salah seorang anak, Aan (11) warga Situak, Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat, Minggu (11/8/2019).

Ia menjelaskan, saat kita celupkan kaki ke kolam kecil tempat penyembelihan hewan kurban itu, rasanya agak panas dikaki. Namun, senang saja dan kaki rasanya ringan.

“Kaki terasa ringan setelah dicelupkan ke darah bekas hewan kurban tersebut,” ungkapnya singkat.

Selain itu dikatakan pemuda setempat, Bahri, itu sudah menjadi kebiasaan bagi anak-anak dari dahulunya. Pokoknya ada pemotongan hewan kurban, anak-anak rela antri untuk dapat celupkan kaki ke darah itu.

“Kitapun dulu begitu, apa khasiatnya tidak jelas. Cuman, itu sudah menjadi kebiasaan bagi anak-anak. Tapi, itu dilakukan mereka hanya ke darah sapi kurban, kalo hewan lain anak-anak itu tidak mau dan insyaallah tidak ada efek sampingnya,” jelasnya.

Biasanya kata Bahri, orang celupkan kaki ke darah sapi itu untuk mengobati sakit yang pecah-pecah pada telapak kaki. Atau kerap disebut orang kaki dimakan air.

“Kalo sakitnya di telapak kaki seperti pecah-pecah dan tergelupas itu biasanya kalo dicelupkan ke darah hewan kurban bisa sembuh, walaupun berangsur dan kuasa Allah SWT,” sebutnya mengakhiri. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: