Selasa, Januari 19Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Senator Sumbar, Hj. Emma Yohanna Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Di Ujung Gading

259 Views

Tampak Hj. Emma Yohanna (tengah), Kasmanedi. SH (kanan) dan Desmawati. SH (kiri) diacara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. (ist)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Dewan perwakilan daerah (DPD) Republik Indonesia menggelar Sosialisasi 4 pilar kebangsaan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Futsal Limbarsa, Ujung Gading, Pasaman Barat dengan pemateri langsung disampaikan anggota DPR RI Hj. Emma Yohanna didampingi salah seorang sosok muda Pasaman Barat yang juga berprofesi sebagai pengacara, Kasmanedi. SH, Rabu (29/07/2020).

Anggota DPD RI Hj. Emma Yohanna, dalam paparannya menyampaikan, 4 pilar kebangsaan merupakan pemahaman terhadap Pancasila, UU 1945, NKRI dan Bhineka tunggal Ika yang harus di implementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ini suatu karakteristik Indonesia sebagai Bangsa dan Negara yang besar dengan keluasan dan kemajemukan,” jelasnya.

Untuk itu perlu konsepsi, kemauan dan kemampuan yang kuat dan memadai untuk menopang kebesaran, keluasan dan kemajemukan keIndonesiaan.

Konsepsi tersebut disebut sebagai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara atau Empat Pilar Kebangsaan.

Dijelaskannya juga bahwa, Empat Pilar Kebangsaan merupakan warisan sekaligus kesepakatan bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan bangsa.

Perkembangan teknologi yang begitu cepat, menuntut bangsa ini untuk menyesuaikan diri. Bisa dibayangkan, hanya dalam kurun kurang dari 10 tahun, teknologi komunikasi berjalan begitu cepat sehingga pengaruh dari luar dengan mudah masuk.

“Penjaga Indonesia dari perpecahan, tidak lain ialah Empat Pilar itu,” tegasnya.

Sehingga, ia menilai hal ini sangat penting bagi generasi kita saat ini.  Salah satu caranya adalah dengan tidak melupakan perjuangan bangsa ini, termasuk nilai-nilai dalam Empat Pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Bangsa ini dibangun atas dasar kebersamaan dan kesepahaman ditengah perbedaan suku, ras dan agama,” sebut Hj. Emma.

Selain itu, Hj. Emma menekankan agar jangan lupakan sejarah. Dulu kita berperang mengusir penjajah, sekarang saatnya generasi kita mengisi kemerdekaan. 

“Semoga dengan kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, menjadi momentum bagi para guru pendidikan di lingkungan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pasaman Barat, Ikatan mahasiswa muhamadiyah, mahasiswa, tokoh pemuda, serta masyarakat untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, NKRI, UUD 1945 serta Bhenika Tunggal Ika,” harapnya.

Seruan semangat yang disampaikan mendapat sambutan meriah dari peserta yang sebagian besarnya adalah para guru pendidikan di lingkungan Pimpinan Daerah Aisyiah Kabupaten Pasaman Barat, Camat Lembah Melintang dan perangkat Nagari Persiapan di kenagarian Ujung Gading, serta tokoh pemuda dan masyarakat lainya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: