Minggu, Agustus 18Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Swalayan Sejati Realisasikan Pasbar Cantik Tanpa Sampah Pelastik

187 Views

Tampak Humas PT. Agrowiratama, Santoso, (kanan) bersama Kasi Perizinan Dampak Lingkungan DLH Pasbar, Yulita Nurman (kiri) sedang diacara launching penggunaan eco bag di Swalayan Sejati. (Bisri Batubara)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Program “Pasbar Cantik Tanpa Sampah Pelastik” akhirnya terealisasi secara berangsur di Pasaman Barat. Seperti yang dilaunching oleh Swalayan Sejati di Jalan Prof. Hamka, Jorong Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

“Ini salah satu bentuk realisasi dari Program ‘Pasbar Cantik Tanpa Sampah Plastik’ berupa pengurangan sampah plastik dengan mengajak swalayan dan pelanggannya beralih menggunakan eco bag / tas belanja sebagai pengganti kantong plastik kresek,” kata Kadis Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Pasaman Barat, Andrinaldi. AP. M. Si didampingi Kasi perizinan Dampak Lingkungan, Yulita Nurman. S. Si kepada Kabar60.com, Jum’at (2/7/2019).

Disebutkan Andrinaldi, hal ini perlu diketahui bahwa, kantong plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk dapat hancur di dalam tanah. Selain itu, kantong plastik bisa menurunkan kesuburan tanah, menghambat aliran air tanah, menyebabkan aliran air pada parit dan sungai tersumbat yang bisa memicu terjadinya banjir serta mencemari lingkungan dan menyebabkan gangguan kesehatan apabila dibakar.

“Inisiatif pemilik Sejati swalayan, Taslim, untuk mengganti penggunaan kantong plastik kresek dengan eco bag/tas belanja yang diperuntukkan bagi pelanggan setia swalayannya kita sangat apresiasi,” ujar Andrinaldi.

Dikatakan Andrinaldi juga, bahwa launching perdana eco bag tersebut sudah dimulai sejak Kamis, (1/8/2019), sebanyak 1.000 buah eco bag. Itu semua akan dibagikan kepada pelanggan Sejati Swalayan.

“Diharapkan, agar pelanggan setia Swalayan Sejati membawa eco bag tersebut setiap berbelanja. Demi mengurangi sampah pelastik diwilayah kita ini,” pinta Andrinaldi.

Berita terkait : https://www.kabar60.com/hari-lingkungan-hidup-se-dunia-pemkab-pasbar-lakukan-3r-3767/

Dalam hal itu, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat mengapresiasi dan memberikan ucapan terima kasih atas kepedulian Sejati Swalayan terhadap lingkungan, khususnya dalam mewujudkan program ‘Pasbar Cantik Tanpa Sampah Plastik’.

“Kepada swalayan-swalayan atau toko-toko yg ada di Kabupaten Pasaman Barat ini untuk bisa meniru langkah-langkah yang telah dilakukan Sejati Swalayan dalam rangka mewujudkan Pasbar bebas dari sampah plastik tahun 2025,” harapnya. (Bisri Batubara)

Baca juga : https://www.kabar60.com/5-pks-raih-juara-lomba-pemanfaatan-barang-bekas-antar-perusahaan-di-pasbar-3890/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: