Minggu, Agustus 18Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Terkait Harga TBS, DPRD Pasbar Kungker Ke PT. GSA

348 Views

Tampak Ilhamlis Siregar. SE (tengah) saat berada di PT. GSA.

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Komisi II DPRD Kabupaten Pasaman Barat lakukan kunjungan kerja (Kungker) dalam daerah, Senin (5/8/2019).

“Iya benar, kita lakukan kungker ke dua perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Pasaman Barat. Dalam rangka peninjauan langsung terkait harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit,” kata anggota Komisi II DPRD Pasbar, Ilhamlis Siregar. SE.

Dijelaskan Ilhamlis Siregar, yang juga anggota DPRD Pasbar dari Fraksi PDI Perjuangan itu bahwa dari kunjungan itu, pihaknya mendapatkan info langsung dari pihak perusahaan. Bahwa, harga TBS kelapa sawit naik tipis dalam perminggu.

“Sekarang harga TBS di PKS PT. Gunung Sawit Abadi (GSA) dengan harga mitra biasa Rp. 1.190. Sedangkan bagi mitra sebesar Rp. 1.260,” terang Ilhamlis.

Komisi yang membidangi Perkebunan, Pertanian, Perekonomian, Koperasi, Aset dan PDAM itu juga membahas terkait kemitraan perusahaan dengan kelompok tani atau koperasi yang memiliki kebun sawit.

Selain itu juga membahas terkait, peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 29 Tahun 2016. Sebelumnya pada pasal 13, mencatat tentang potensi pembukaan pabrik kelapa sawit tanpa kebun, atau pelaku perkebunan bisa mendirikan pabrik dengan suplai TBS minimal 20% (kebun inti) dari kebutuhan pabrik pengolahan, sementara sisanya sekitar 80% pasokan TBS bisa dilakukan kemitraan dengan petani swadaya disekitar pabrik.

“Untuk PKS PT. GSA sendiri sudah memenuhi daripada 80% tersebut,” urainya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: