Rabu, Oktober 20Kabar60 | Inspirasi Pembangun Bangsa

Terkait Kawasan Hutan Di Air Bangis, Irjen Pol Toni Harmanto Bertemu Forkopimda Pasbar

530 Views

Tampak Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH (kanan) bersama Kapolres Pasbar dan Forkopimda Pasbar sedang memafarkan peta lokasi hiutan kawasan di Mako Polres Pasbar. (dok pol)

PASAMAN BARAT, Kabar60.com – Polisi seriusi permasalahan kawasan hutan di Kabupaten Pasaman Barat. Buktinya, persoalan ini masuk salah satu agenda Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH dalam kunjungannya ke Polres Pasaman Barat, Kamis (25/2/2021).

“Iya, persoalan hutan ini adalah atensi presiden Republik Indonesia. Hutan lindung harus kita jaga dan pelihara dan itu tanggung jawab kita semua,” kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH dalam pertemuan itu.

Seperti, kawasan hutan yang ada di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat itu kata Kapolda, sudah banyak yang dibabat oleh masyarakat dan itu sekarang dalam penanganan Polisi.

“Untuk itu, kita harus bersama – sama dalam menegakkan aturan, khususnya dalam persoalan hutan ini. Baik itu secara sosialisasi ataupun melakukan penanaman pohon, agar masyarakat memahami pentingnya hutan,” ungkap Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan, agar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak membabat hutan kawasan baik itu Hutan Lindung maupun Hutan Produksi.

“Pentingnya sosialisasi itu, memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar tidak membakar hutan, demi menghindari terjadinya kebakaran hutan,” ulangnya lagi.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH juga berharap kepada Forkopimda Pasaman Barat agar bersinergi dalam menegakkan hukum termasuk untuk melindungi hutan, baik hutan lindung maupun hutan produksi.

“Mari bersama menegakkan hukum, termasuk untuk menjaga dan melindungi hutan,” ajaknya.

Disamping itu, Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi SIK, juga mengatakan bahwa terkait permasalahan hutan di Air Bangis itu sudah menjadi agenda khusus Polisi.

“Kita terus melakukan sosialisasi, penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak menduduki, menguasai maupun melakukan perambahan hutan. Apalagi itu kawasan hutang lindung dan hutan produksi,” tegas Kapolres.

Terkait kasus yang sudah berjalan tegas Kapolres juga, sedang ditangani dan terus dilakukan penyelidikan tindak pidana.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap 30 orang masyarakat yang diduga telah melakukan perusakan kawasan hutan produksi dan hutan lindung,” lebih ditegaskan Kapolres Pasbar.

Kedatangan Kapolda Sumbar bersama rombongan tersebut ke Mako Polres Pasbar langsung disambut oleh Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi SIK bersama Plh Bupati Pasbar Yudesri, Ketua DPRD Parizal Hafni, Kajari Pasbar Ginanjar Cahya Permana, Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf. Ahmad Aziz serta stakeholder terkait lainnya. (Bisri Batubara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: